Monday, 6 September 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                      :     SMK Negeri 1 

Kompetensi Keahlian          :     Teknik Komputer dan Jaringan

Mata Pelajaran                     :     Komputer dan Jaringan Dasar

Kelas / Semester                  :     X / 1

Tahun Ajaran                        :     2017/2018

Alokasi Waktu                      :     3 JP


A.      Kompetensi Inti

1.       Pengetahuan

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

2.       Katerampilan

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B.      Kompetensi Dasar

1.       KD pada KI pengetahuan

3.1 Menerapkan kesehatan,keselamatan dan keamanan kerja berdasarkan lingkungan kerja

2.       KD pada KI keterampilan

4.1 Melaksanakan kesehatan,keselamatan dan keamanan kerja   dilingkungan kerja

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi

1.       Indikator KD pada KI pengetahuan

1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3          Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

1.       Indikator KD pada KI keterampilan

2.1          Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2          Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

A.      Tujuan Pembelajaran

Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:

a.       Menjelaskan Prinsip K3LH

b.       Menjelaskan Procedure K3LH

c.        Menerapkan K3LH dalam penggunaan komputer

B.      Materi Pembelajaran

·         K3LH

·         Peraturan perundang-undangan yang mengatur K3LH

·         Peraturan perundang-undangan K3

·         Peraturan perundang-undangan keselamatan kerja

·         Peraturan perundang-undangan perlindungan tenaga kerja

·         Identifikasi pelanggaran prosedur K3

·         Identifikasi perilaku mencurigakan terhadap K3

C.       Model dan Metode

Model           :  Discovery Learning

Metode        :  Ceramah, tanya jawab, diskusi

D.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

AlokasiWaktu

Pendahuluan

·         Guru Mengucapkan Salam pembuka

·         Guru mempersilakan peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa

·         Mengecek kehadiran peserta didik

·         Guru Menyampaikan Review Sebelumnya

·         Menyampaikan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan KD3.10 yaitu Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU

10 menit

Kegiatan Inti

 

 

 

Fase 1 : Stimulation (Stimulasi/ pemberian rangsang)

·         Guru dapat memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, anjuran membaca buku, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah

·         Guru meminta siswa mengamati sikap duduk teman dan menayakan apakah sudah sesuai dengan K3LH jika berada Didepan komputer?

·         Guru meminta siswa untuk menyampaikan contoh2 kecelakaan kerja dan mengkaitkanya dengan K3LH

10 menit

Fase 2 :

Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

·         Guru Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang.

·         Peserta didik bertanya kepada dirinya atau teman kelompok / mendiskusikan  identifikasi sebanyak mungkin masalah  yang relevan antara kecelakaan kerja dengan  K3LH dan UU K3LH

·         Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang mereka hadapi dirumuskan dalam bentuk pertanyaan menulisakan hasil identifikasinya dalam lembar notulensi.

10 menit

Fase 3 :

Data collection (Pengumpulan Data)

·         Guru mendorong peserta didik  mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan mengenai K3LH

·         Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menganalisakecelakaan kerja dan penerapan K3LH

20 menit

Fase 4 : Verification (Pembuktian)

·         Peserta didik  melakukan kegiatan untuk membuktikan benar atau tidaknya penerapan K3LH dapat mengurangi kecelakaan kerja

30 menit

Fase 5 : Generalization (menarik kesimpulan/

generalisasi)

·         Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil pembuktian

·         Peserta didik dalam satu kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan dari identifikasi masalah (meng-komunikasikan)

·         Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain

·         Peserta didik melakukan revisi terhadap hasil kesimpulan berdasarkan masukan pada saat presentasi

30 menit

Penutup

·         Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi

·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan secara singkat tentang Implementasi K3LH. Selanjutnya guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman dengan cara meminta peserta didik melihat materi selanjutnya yang sudah diberikan guru

·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan berdoa

·         Guru mengucapkan salam penutup

10 menit


A.      Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar

1.       Media                                    : Slide PowerPoint

2.       Alat                                        : Laptop, LCD

3.       Bahan                                    : Spidol, Kertas

4.       Sumber Belajar                    : Buku

B.      Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.       Teknik Penilaian

a.       Tes Tulis

b.       Tes Praktik

2.       Instrumen Penilaian

a.       Pertemuan pertama

No

Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

Keselamatan kerja dinilai  menjadi 5 aspek

a.        Keselamatan kerja adalah sarana utama untuk pencegahan kecelakaan, cacat dan kematian sebagai akibat kecelakaan kerja. Keselamatan kerja yang baik adalah pintu gerbang bagi keamanan tenaga kerja.

b.       Analisa kecelakaan secara nasional berdasarkan angka-angka yang masuk atas dasar wajib lapor kecelakaan dan data kompensasinya dewasa ini seolah-olah 6inancia rendah dibandingkan banyaknya jam kerja tenaga kerja

c.        Potensi-potensi bahaya yang mengancam keselamatan pada berbagai sector kegiatan ekonomi jelas dapat diobservasikan, misalnya 6inanc industri disertai bahaya-bahaya potensial seperti keracunan-keracunan bahan kimia, kecelakaan-kecelakaan oleh karena mesin, kebakaran, ledakan-ledakan, dan lain-lain

d.       Menurut observasi, angka frekwensi untuk kecelakaan-kecelakaan ringan yang tidak menyebabkan hilangnya hari kerja tetapi hanya jam kerja masih terlalu tinggi.

e.        Analisa kecelakaan memperlihatkan bahwa untuk setiap kecelakaan ada 6inanc penyebabnya. Sebab-sebab tersebut bersumber kepada alat-alat mekanik dan lingkungan serta kepada manusianya sendiri. Sebanyak 85 % dari sebab-sebab kecelakaan adalah 6inanc manusia.

·         Nilai 4  :  jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban

·         Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban

·         Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban

·         Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

2

Kecelakaan-kecelakaan akibat kerja dapat dicegah dengan cara :

a.        Peraturan perundangan yaitu ketentuan yang diwajibkan mengenai kondisikondisi kerja pada umumnya, perencanaan, konstruksi, perawatan, pemeliharaan pengawasan, pengujian, dan cara kerja peralatan industri, tugastugas pengusaha dan buruh, latihan supervisi medis, P3K, dan pemeriksaan kesehatan.

b.       Standarisasi yaitu penetapan standar-standar resmi setengah resmi atau tak resmi mengenai misalnya konstruksi yang memenuhi syaratsyarat Peraturan perundangan yaitu ketentuan yang diwajibkan mengenai kondisikondisi kerja pada umumnya, perencanaan, konstruksi, perawatan, pemeliharaan pengawasan, pengujian, dan cara kerja peralatan industri, tugastugas pengusaha dan buruh, latihan 6inancial medis, P3K, dan pemeriksaan kesehatan.

c.        Standarisasi yaitu penetapan standar-standar resmi setengah resmi atau tak resmi mengenai misalnya konstruksi yang memenuhi syaratsyarat kerja yang baru dalam keselamatan kerja unuk menimbulkan sikap untuk selamat.

d.       Asuransi yaitu insentif 6inancial untuk meningkatkan pencegahan kecelakaan misalnya dalam bentuk pengurangan premi yang dibayar oleh perusahaan, jika tindakan-tindakan keselamatan sangat baik.

e.        Usaha keselamatan pada tingkat perusahaan, yang merupakan ukuran utama efektif tidaknya penerapan keselamatan kerja. Pada perusahaanlah, kecelakaan-kecelakaan terjadi sedangkan pola-pola kecelakaan pada suatu perusahaan tergantung kepada tingkat kesadaran akan keselamatan kerja oleh semua pihak yang bersangkutan.

f.         Organisasi K3, dalam era industrialisasi dengan kompleksitas permasalahan dan penerapan prinsip manajemen modern, masalah usaha pencegahan kecelakaan tidak mungkin dilakukan oleh orang perorang atau secara pribadi tapi memerlukan keterlibatan banyak orang, berbagai jenjang dalam organisasi yang memadai

·         Nilai 4  :  jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban

·         Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban

·         Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban

·         Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

3

 

 

 

 b.       Pertemuan kedua

KD

IPK

Indikator Soal

Jenis Soal

Soal

3.1 Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja

 

 

 

 

3.1.1 Menjelaskan prinsip K3LH

3.1.2 Menentukan prosedur K3LH

Siswa dapat menyebutkan Arti K3LH

Siswa dapat menjelaskan Perpu yang mengatur K3LH

Siswa dapat menjelaskan  Pelanggaran K3LH

Siswa dapat menjelaskan  Conbtoh kecelakaan kerja

 

Tes Tertulis

Sebutkan pengertian Dari KL3LH

Jelaskan UU yang mengatur K3LH

Sebutkan Kegiatan yang melanggar K3LH

Sebutkan contoh kecelakaan kerja

4.1 Melaksanakan K3LH dilingkungan kerja

4.1.1 Mengikuti prosedur K3LH

4.1.2 Mengimplementasikan K3LH

Siswa dapat menerapkan K3LH dalam penataan komputer

Siswa dapat menggunakan Komputer sesuai dengan K3LH

Tes Praktik

Posisikan Komputer sesuai dengan K3LH!

Duduk dan gunakan Komputer sesuai dengan Ergonomi!


LEMBAR PENILAIAN

 

Satuan Pendidikan              :     Sekolah Menengah Kejuruan

Kompetensi Keahlian          :     Teknik Komputer dan Jaringan

Mata Pelajaran                     :     Komputer dan Jaringan Dasar

Alokasi Waktu                      :     1 jam

Bentuk Soal                          :     Penugasan Perorangan



 

NIS                              :

 

Nama Peserta            :     _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

 

No

Komponen/Subkomponen Penilaian

Skor

1

2

3

I

Persiapan Kerja

 

1.1. Kelengkapan peralatan

 

1.2. Kelengkapan bahan praktek

 

 

 

Skor Perolehan:

 

II

Proses (Sistematika & Cara Kerja)

 

2.1.  Mengamalkan K3LH dilingkungan kerja

 

2.2.  Mempraktikan K3LH dilingkungan kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor Perolehan :

 

III

Hasil Kerja

 

3.1   Faham Simbol-Simbol K3LH

 

3.2.  Faham peralatan atau perangkat apa saja yang penggunaannya harus sesuai prosedur

 

 

 

Skor Perolehan:

 

Sikap Kerja

 

IV

4.1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur

 

4.2. Keselamatan kerja

 

 

 

Skor Perolehan:

 

Waktu

 

V

5.1. Waktu penyelesaian praktik

 

 

 

Skor Perolehan:

 

 

 

 

Keterangan : Nilai skor : 3,2,1,0

 

Perhitungan nilai praktik (NP) :


 

Prosentase Bobot Komponen Penilaian

Nilai Praktik

(NP)

 

Persiapan

Proses

Hasil

Sikap

Waktu

∑ NK

 

1

2

3

4

5

6

Bobot (%)

5

50

15

20

10

 

Skor Maksimal

6

15

12

6

3

Skor Perolehan

 

 

 

 

 

 NK

 

 

 

 

 

Keterangan:

1.    Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.

2.   NK = Nilai Komponen, skor perolehan dibagi maksimal skor dikali bobot

3.    NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen

4. Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, , hasil, sikap kerja dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.

 

     

No comments: